Kemajuan Teknologi Reproduksi Berbantu (TRB) khususnya dalam bidang In Vitro Fertilization (IVF) saat ini berkembang pesat di seluruh dunia. Teknik ini sempat mencatat keberhasilan hasil luar biasa dan menggemparkan dunia. Metode yang diprakarsai sejumlah dokter Inggris ini berhasil menghadirkan bayi perempuan pada tahun 1978.

Salah satu upaya untuk memperoleh keturunan bagi pasangan infertil adalah program Bayi Tabung meskipun terkesan relatif mahal. Kesuksesan bayi tabung akan sangat ditentukan oleh kualitas klinik dan tim bayi tabung.

Klinik dan Tim IVF Bali Royal Hospital “Royal IVF” berdiri dengan tujuan menjamin kualitas, profesionalisme dan biaya terjangkau.

Klinik IVF Bali Royal Hospital merupakan klink yang memiliki konsep “One Stop Fertility Services” yang ditunjang oleh fasilitas – fasilitas canggih seperti laboratorium embiologi, laboratorium andrologi, USG 4 Dimensi, Ruang Laparoscopy dan Instalasi Radiologi.

Apa Pengertian Kurang Subur (Infertil) ?

Pasangan suami istri digolongkan tidak subur (infertil) apabila setelah 1 tahun usia pernikahan tanpa menggunakan alat kontrasepsi, belum juga dikarunia buah hati.

Apa Penyebab ketidaksuburan?

  • Gangguan dari pria
  1. Gangguan pada testis misalnya kelainan jumlah, gerakan aupun bentuk sperma.
  2. Masalah ereksi dan ejakulasi.
  3. Saluran sperma tersumbat
  4. Telah mengalami vasektomi dimasa lalu
  5. Terdapat antibodi anti sperma
  • Gangguan dari wanita
  1. Endometriosis dan radang atau infeksi pada organ reproduksi.
  2. Saluran telur (tuba) tersumbat, gangguan ovulasi.
  3. Rahim yang tidak normal.
  4. Antibodi anti sperma pada tubuh ibu.
  • Faktor lain yang dapat mempengaruhi ketidaksuburan
  1. Obat – obatan, rokok, alkohol.
  2. TORCH
  3. Kurang pengetahuan, pengaruh lingkungan.
  4. Aktifitas seksual yang kurang tepat.
  • Faktor yang tidak terjelaskan (Unexplained infertility)
  1. Bila setelah dilakukan pemeriksaan lengkap tidak dapat ditemukan kelainannya yang dapat menerangkan penyebab ketidaksuburan pasangan ini dan dinyatakan normal, tetapi tidak hamil.

Beberapa hal yang dilakukan oleh Klinik Bayi Tabung “Royal IVF” :

* In Vitro Fertilization (IVF)

terbagi dalam 2 metode yaitu :

1. Convensional

Yaitu pembuahan diluar rahim dengan cara mengambil sel telur dari indung telur dan mencampur sperma dari suami diluar rahim yang dikenal sebagai pembuahan buatan atau bayi tabung.

2. Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI)

Bila ternyata sperma suami tidak memenuhi syarat dalam proses IVF misalkan terlalu sedikit jumlahnya, maka dilakukan tindakan ICSI, yaitu dengan cara menyuntikkan satu sperma hidup kedalam sel telur.

* TESA/PESA

Operasi pengambilan sel sperma pada buah zakar pria yang mengalami masalah pada jumlah atau kualitas sperma atau pada kasus Azoospermia, untuk selanjutnya dapat dilakukan tindakan bayi tabung.

Pemeriksaan pendukung bayi tabung :

* Jasa Laboratorium Andrologi : Analisa Sperma

* Operasi Laparoscopy, hysterescopy, untuk gngguan pada alat reproduksi wanita.