Sembilan tahun sudah Bali Royal Hospital (BROS) melayani masyarakat Bali. Sebagai salah satu rumah sakit swasta di Bali, BROS tidak hanya mendukung program pemerintah dengan melayani pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional), tetapi juga terus mengembangkan layanan unggulannya. Pada tahun 2019, diusianya yang menginjak sembilan tahun, BROS menambah dua layanan unggulan yaitu layanan Bariatik Surgery dan layanan Sport Therapy.

Direktur BROS, dr. Dwi Ariawan, MARS yang ditemui pada perayaan Acara Puncak HUT BROS, sabtu (20/7) mengatakan untuk perayaan HUT BROS ke-9 yang jatuh pada tanggal 17 Juli 2019, BROS mengambil tema ”Magical Nine”. Tema ini diambil karena BROS ingin menjadi fasilitas kesehatan di Bali yang bisa memberikan harapan bagi masyarakat khususnya yang menderita sakit menahun untuk mendapatkan kesembuhan maupun kondisi yang lebih baik setelah berobat ke BROS.

Dalam perayaan HUT yang ke-9 ini selain acara-acara seperti seminar ilmiah, bakti sosial sampai kegiatan tirta yatra, BROS mengenalkan kembali layanan unggulannya yaitu layanan Bayi Tabung yg sudah diengkapi lagi dengan teknologi terbaru seperti Lazer untuk pemeriksaan PGD. Selain layanan bayi tabung di tahun ini juga diluncurkan dua layanan unggulan baru yaitu Bariatik Surgery dan Sport Therapy.

Layanan Bariatik lanjut dr Dwi diperuntukkan bagi pasien yang mengalami obesitas dan kesulitan menurunkan berat badan meski sudah melakukan berbagai macam cara. ”Inilah maksud magical nya. Pada saat segala cara sudah dilakukan tidak berhasil, BROS menawarkan layanan yang bisa memecahkan permasalahan pasien,” ujarnya.. Dalam mendukung layanan Bariatrik ini, pihak BROS telah memiliki SDM serta sarana prasarana yang mendukung. Layanan unggulan lain yang juga di soft launching adalah layanan sport therapy. Untuk layanan ini difokuskan pada pasien yang mengalami cidera pada saat olahraga ataupun ingin meningkatkan kemampuan fisiknya dalam berolahraga.

Direktur PT Putra Husada Jaya, Ir. Ida Bagus Indrajaya menambahkan layanan-layanan unggulan yang diluncurkan BROS selalu melalui studi kasus terlebih dahulu. ”Setelah melihat dari studi kasus dan keinginan masyarakat, maka tahun ini akan di adakan layanan unggulan Bariatrik dan Sport Therapy,” ujarnya. Untuk mendukung layanan unggulan ini, kata dia pihak PT sudah menyiapkan hal yang dibutuhkan, baik SDM, sarana dan prasarana.

Sementara itu Direktur Operasional PT Putra Husada Jaya, dr. Gede Harsa Wardana, MM,MARS mengatakan layanan unggulan BROS membuatnya berbeda dari rumah sakit lainnya. Dalam hal pelayanan di era JKN, layanan unggulan ini menjadi salah satu langkah BROS untuk bisa meningkatkan pendapatan. ”Rumah sakit swasta selain mendukung program pemerintah tentu memerlukan pendapatan. Sehingga membutuhkan layanan unggulan yang berbeda dari rumah sakit lain. Inilah yang akan terus dikembangkan oleh BROS,” paparnya. Tidak hanya mengembangkan layanan unggulan, BROS juga melebarkan jaringannya dengan klinik satelitnya yaitu Klinik SMC yang ada di Sanur dan dengan RS KDH Singaraja yang sudah berjalan tahun ke-3.

Dalam rangkaian perayaan HUT nya yang ke-9 adapun acara yang telah digelar adalah persembahyangan bersama dan melukad ke Pura Taman Campuhan Sala Bangli dan Pura Candi Narmada. Menggelar acara donor darah serta kunjungan dan CSR ke Panti Wreda Wana Sraya. Selain itu untuk mendukung layanan unggulan digelar seminar ilmiah dengan tema Bariatric, Sport Injury Management dan mengenai seminar bayi tabung.